Tuhan Sumber Pengharapanku

Bagikan kepada teman-teman anda ...

Penulis: Sr. Rostika Aurelia Kameubun

Paroki Asal: Hati Kudus Yesus Ohoidertutu

Bacaan I: Kisah Para Rasul 19:1-8 | Bacaan Injil: Yohanes 16:29-33

Para Suster yang terkasih…,

Bacaan dari Kisah Para Rasul berbicara tentang sebuah panggilan yang telah diterima oleh Kedua Belas Rasul yang berhasil percaya atas kesaksian Paulus, sehingga mereka memberi diri dibaptis dalam nama Tuhan Yesus. Dan saat itu mereka dipenuhi dengan Roh Kudus sehingga mereka pergi dan bersaksi tentang Yesus.

Dalam bacaan Injil mau mengatakan kepada kita bahwa menjadi pengikut Kristus tidaklah mudah, namun jika kita percaya bahwa Ia selalu ada bersama-sama dengan kita maka apapun kesulitan yang kita hadapi pasti ada jalan keluarnya. Tuhan ingin agar kita setia, sabar dalam memanggul salib kita masing-masing, karena diujung salib yang kita pikul ada sebuah kebahagiaan dan kemenangan.

Pengalaman panggilan saya dimulai sejak saya berada di bangku SMP. Saya tertarik masuk suster karena; pertama, cara berpakaian yang dikenakan pada patung Bunda Maria dan warna yang begitu indah. Kedua, karena pelayanan, pergaulan, sapaan dan renungan-renungan yang dibawakan oleh pastor dan suster.

Pada suatu hari saya mengutarakan kepada kedua orang tua saya bahwa saya ingin menjadi seorang suster namun orang saya tidak merestuinya. Saya menjalani masa SMP dengan baik. Ketika saya lulus SMP dan masuk SMA saya mengatakan lagi kepada orang tua saya bahwa setelah lulus SMA saya hendak masuk suster. Mereka lantas marah dan tidak menginginkan saya menjadi seorang suster.

Seiring berjalannya waktu keinginan saya menjadi seorang suster akhirnya direstui orang tua. Saya memilih TMM untuk menjadi biara untuk saya bisa menjadi seorang suster. Tepat tanggal 23 Agustus 2021 saya menulis surat lamaran. Surat saya dibalas oleh pihak tarekat pada tanggal 1 September 2021 dan saya sudah bisa tinggal di biara lansia Langgur.

Para Suster yang terkasih…,

Tuhan itu selalu memberikan pengharapan kepada semua orang yang percaya kepada penyelenggaraanNya. Semoga kita semua selalu dikaruniai rahmat dari Tuhan dalam setiap perjalanan hidup kita.